Status Kewarganegaraan Anak Dari Hasil Perkawinan Campuran Sebagai Akibat Perceraian Orangtuanya (Studi Kasus Di Pegadilan Agama Surakarta)

ROMADHONI, INTAN AGNES and , Nuswardhani, SH., SU. and , Mutimatun Ni’ami, SH., M.Hum. (2014) Status Kewarganegaraan Anak Dari Hasil Perkawinan Campuran Sebagai Akibat Perceraian Orangtuanya (Studi Kasus Di Pegadilan Agama Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (478kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (433kB)

Abstract

Perkawinan merupakan suatu peristiwa penting dalam kehidupan manusia. Persoalan yang rentan dan sering timbul dalam perkawinan campuran, adalah masalah kewarganegaraan orangtua dan anak. Sesuai Undang-undang No.12 tahun 2006. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan diskriptif. Adapun metode pendekatan yang digunakan yaitu yuridis normatif. Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di Pengadilan Agama Surakarta. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah Hakim dan Staf pengadilan agama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan wawancara. Kesimpulan daam penelitian ini yaitu: 1) Pertimbangan hakim dalam memutuskan perakara cerai talak berdasarkan bukti surat dan saksi. 2) Pertimbangan hakim dalam menentukan putusan terhadap peristiwa yang telah terbukti difokuskan pada pertimbangan hakim dalam menentukan putusan tentang status kewarganegaraan anak dari hasil perkawinan campuran sebagai akibat perceraian orangtuanya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Status kewarganegaraan, perkawinan campuran.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 29 Oct 2014 12:45
Last Modified: 20 Oct 2021 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30655

Actions (login required)

View Item View Item