Pengukuran Kinerja RSU PKU Muhammadiyah Delanggu Menggunakan Elemen-Elemen Balanced Scorecard (Studi Empiris Pada RS PKU Muhammadiyah Delanggu)

RUSMAWATI, RIANA PUTRI and , Drs. Atwal Arifin, Akt,M.Si (2014) Pengukuran Kinerja RSU PKU Muhammadiyah Delanggu Menggunakan Elemen-Elemen Balanced Scorecard (Studi Empiris Pada RS PKU Muhammadiyah Delanggu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
hal_depan_fix.pdf

Download (469kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_riana.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rumah Sakit Umum PKU Muhmammadiyah Delanngu merupakan salah astu rumah sakit umum milik PP Muhammadiyah yangtujan utamanya bukan mencari keuntungan,tetapi lebih kepada jasa konsumen. Selama ini dalam menilai kinerjanya, Rumah Sakit Umum ini hanya fokus pada efisiensi pengelolaan dana yaitu dengan mengevaluasi anggaran pendapatan dan biaya apakah sudah dapat dibandingkan dengan realisasinya atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja rumah sakit apabila menggunakan Balanced Scorecard. Dengan menggunakan Balanced Scorecard diharapkan rumah sakit dapat mengembangkan aspek keuangan dan non keuangan dalam melakukan penilaian kinerja, sehingga nantinya diharapkan bahwa rumah sakit mampu menjadi institiusi yang dapat memberikan kepuasan kepada para konsumen,karyawan yang berkomitmen tinggi dan kemudian akan menghasilkan surplus yang memadai. Penelitian dilakukan dengan megambil data selama 3 tahun,yaitu drai tahun 2010-2012,menggunakn analisis komparatif dimana peneliti melakukan evaluasi kinerja rumah sakit antar periode kemudian membandingkan dengan target yang sebelum ditetapkan dan kemudian membandingkan dengan target yang sebelumnya telah ditetapkan dan kemudian diberi skor sesuai dengan kriteria. Data diperoleh studi pustaka, data sekunder Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Delanggu dengan skala ordinal. Pengukuran kinerja keuangan dilihat dari pencapaian pendapatan dan perubahan biaya, prespektif pelanggan dilihat dari akuisisi pelanggan,retensi pelanggan,kepuasan pelanggan, prespektif proses bisnis internal menggunakan jumlah penanganan keluhan,peningkatan pendapyan,Respond Times. Sedangkan untuk prepektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari retensi karyawan ada pelatihan karyawan. Dari hasil penelitian dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa variasi pencapaian hasil. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran masih dianggap kurang , sedangkan untuk 3 perspektif lainnya dianggap sudah cukup baik. Maka, Balanced Scorecard cocok untuk diterapkan pada Rumah Sakit Umum Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Delanggu karena Balanced Scorecard dapat memberikan gambaran yang lebih terstruktur dan menyeluruh dibandingkan dengan sistem tradisional yang masih digunakan sampai saat ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Balanced Scorecard, Rumah Sakit
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 28 Oct 2014 11:59
Last Modified: 18 Oct 2021 04:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30624

Actions (login required)

View Item View Item