Irawati, Ika and , Dr. Darsinah, M. Si and , Sri Slamet, S.Pd, M.Hum. (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media AISM (Anak Islam Suka Membaca) Kelompok B Di TK Pertiwi, Pijiharjo, Manyaran, Wonogiri Tahunajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (818kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (536kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak melalui media AISM. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak dan guru kelompok B TK Pertiwi, Pijiharjo, Manyaran, Wonogiri. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan diketahui bahwa, kemampuan membaca permulaan anak sebelum adanya tindakan terdapat 7 anak yang belum berkembang dan 10 anak mulai berkembang. Pada siklus I yaitu ada 7 anak mulai berkembang, 10 anak sudah berkembang sesuai harapan. Selanjutnya pada siklus II yaitu 10 anak berkembang sesuai harapan, 7 anak berkembang sangat pesat. Dilihat dari hasil prosentase rata-rata kemampuan membaca permulaan anak dalam satu kelas, sebelum tindakan rata-rata kemampuan membaca permulaan anak sebesar 37,3% artinya kemampuan membaca permulaan anak belum berkembang. Setelah siklus Irata-rata kemampuan membaca permulaan anak meningkat menjadi 64,4% artinya kemampuan membaca permulaan anak sudah mulai berkembang.Setelah siklus II mencapai 86,1% artinya kemampuan membaca permulaan anak berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media AISM dapat meningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Pertiwi Pijiharjo, Manyaran, Wonogiri, Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca permulaan, media AISM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Oct 2014 07:26 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 15:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30611 |
Actions (login required)
View Item |