Tingkat Kesiapsiagaan Gabungan Kelompoktani (Gapoktan) Dalam Menghadapi Bencana Kekeringan Di Desa Bulu Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo

Muttaqin, Akhmad Alwi and , Drs. Suharjo, M.S (2014) Tingkat Kesiapsiagaan Gabungan Kelompoktani (Gapoktan) Dalam Menghadapi Bencana Kekeringan Di Desa Bulu Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (955kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (963kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2001-2007 termasuk dalam wilayah yang sangat rawan kekeringan. Kekeringan merupakan ancaman yang paling sering mengganggu sistem dan produksi pertanian. Penelitian ini dilakukan di Desa Bulu Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo yang bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat kesiapsiagaan Gabungan Kelompoktani (Gapoktan) dalam menghadapi bencana kekeringan (2) Tingkat Ancaman bencana kekeringan. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota Gabungan Kelompoktani (Gapoktan) yang terdiri dari 4 kelompoktani di Desa Bulu yang berjumlah 374 anggota. Sampel yang diambil berjumlah 79 anggota Gapoktan. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala sikap dengan model angket rating scale, observasi dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesiapsiagaan Gapoktan di Desa Bulu terhadap bencana kekeringan termasuk dalam kategori cukup/ sedang/ Sudah ada tetapi belum berjalan. Hal ini didasarkan pada jumlah skor riil kesiapsiagaan Gapoktan di Desa Bulu yang berjumlah 2.750 dari skor maksimum yang mungkin dicapai sebesar 4.740 atau dapat dikatakan mendapat nilai indeks sebesar 58 % (2) Tingkat Ancaman bencana kekeringan di Desa Bulu termasuk dalam tingkat rendah. Hal tersebut didasarkan pada Indeks Ancaman yang masuk dalam kategori tingkat rendah dan Indeks Penduduk Terpapar masuk dalam kategori tingkat sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Gabungan Kelompoktani, Bencana Kekeringan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Oct 2014 13:02
Last Modified: 15 Oct 2021 14:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30595

Actions (login required)

View Item View Item