Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Baturan Tahun Ajaran 2013/2014

Jasmanto, Jasmanto and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2014) Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Baturan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (890kB)

Abstract

Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang ilmu. Penguasaan membaca sejak dini sangat diharapkan demi menunjang keterampilan membaca pada tingkat selanjutnya. Namun banyak dari siswa pada kelas awal masih belum menguasai keterampilan membaca. Guru sering kebingungan untuk mengajarkan keterampilan membaca kepada siswa dengan media yang tepat. Keterampilan membaca permulaan perlu ditingkatkan melalu penerapan media Puzzle dalam pembelajaran. Oleh karena itu masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut: apakah dengan menerapkan media Puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa melalui penerapan media Puzzle dalam pembelajaran. Media yang secara khusus dirancang untuk mengajarkan membaca dengan sedikit modifikasi diharapkan mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa. Metode dan teknik menggunakan PTK, dimana setting penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Baturan dengan jumlah 22 siswa. Masalah yang diteliti adalah keterampilan membaca permulaan dengan indikator meliputi lafal, intonasi serta kelancaran. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Kegiatan dari masing-masing siklus meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Data tentang peristiwa pembelajaran diambil dengan menggunakan instrumen lembar observasi, tes evaluasi serta didukung data wawancara dari guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hanya 63,63% pada pertemuan I dan 68,18% pada pertemuan II yang dinyatakan tuntas, nilai rerata hasil belajar baru mencapai 79,05 dengan ketuntasan klasikal 68,18%. Pada siklus II terjadi peningkatan, siswa yang dinyatakan tuntas mencapai 77,27% pada pertemuan I dan 90,90% pada pertemuan II dengan nilai rerata hasil belajar mencapai 80,45 dengan ketuntasan klasikal 90,90%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa media Puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa pada setiap siklusnya. Oleh karena itu hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media puzzle, keterampilan membaca permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Oct 2014 09:00
Last Modified: 14 Oct 2021 12:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30581

Actions (login required)

View Item View Item