Karakteristik Dan Fenomena Negatif Masyarakat Pedesaan Dalam Novel Para Pelukis Langit Karya Yogo Pramono Dengan Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra Di SMA

MASRITAH, NANIK and , Dr. Nafron Hasjim and , Drs. Adyana Sunanda (2014) Karakteristik Dan Fenomena Negatif Masyarakat Pedesaan Dalam Novel Para Pelukis Langit Karya Yogo Pramono Dengan Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05__BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel Para Pelukis Langit Karya Yogo Pramono, 2) mendeskripsikan karakteristik dan fenomena negatif masyarakat pedesaan dalam novel Para Pelukis Langit Karya Yogo Pramono, dan 3) Mendeskripsikan implementasi karakteristik dan fenomena negatif dalam novel Para Pelukis Langit karya Yogo Pramono sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek penelitian adalah karakteristik dan fenomena negatif masyarakat desa dalam novel Para Pelukis Langit karya Yogo Pramono. Sumber data yang dipakai adalah sumber data primer (Para Pelukis Langit, 2012) dan sumber data sekunder (blog Diva Pres).Teknik pengumpulan data: teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data meliputi pembacaan heuristik dan hermeneutik. Tema novel ini adalah persahabatan kesembilan anak yang menamakan dirinya genk Obenk. Alur novel ini adalah alur maju. Tokoh dalam novel terdiri dari tokoh utama dan tokoh tambahan. Latar meliputi latar tempat; latar waktu; dan latar sosial. Implementasi karakteristik dan fenomena negatif masyarakat desa dalam novel Para Pelukis Langit karya Yogo Pramono sebagai materi pembelajaran sastra di SMA memiliki relevansi dengan tiga hal, yaitu (1) tujuan pendidikan nasional, (2) standar isi, (3) peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Fenomena negatif, Novel, Sosiologi Sastra
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Oct 2014 12:54
Last Modified: 20 Oct 2021 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30570

Actions (login required)

View Item View Item