Analisis Praanggapan Pada Slogan Iklan “Kendaraan” Harian Surat Kabar Solopos Edisi November 2013 – Februari 2014

KARTIKASARI, SARASWATI and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum. (2014) Analisis Praanggapan Pada Slogan Iklan “Kendaraan” Harian Surat Kabar Solopos Edisi November 2013 – Februari 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (774kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan praanggapan yang muncul pada slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabar Solopos edisi November 2013 – Februariv2014 dan menganalisis makna pada praanggapan slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabar Solopos edisi November 2013 – Februari 2014. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Objek yang akan dikaji dalamvpenelitian ini adalah praanggapan pada slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabarvSolopos edisi November 2013 – Februari 2014. Sumber data dalam penelitian inivadalah sumber data tertulis berupa kata-kata atau slogan iklan kendaraan pada wacana yang berupa praanggapan pada slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabar Solopos edisi November 2013 – Februari 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat. Validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi data. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih. Hasil penelitian dalam penelitian ini menegaskan bahwa dari 60 data slogan iklan diperoleh 100 praanggapan yang terdiri dari lima jenis praanggapan. Sesuai data yang di analisis praanggapan pada slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabar Solopos edisi November 2013 – Februari 2014 ditemukan 9 data praanggapan eksistensial, 61 data praanggapan faktif, 20 data praanggapan leksikal, 9 data praanggapan struktural, dan 1 data praanggapan konterfaktual. Dari kelima jenis praanggapan yang paling sering muncul dalam slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabar Solopos edisi November 2013 – Februari 2014 yaitu praanggapan faktif. Hal ini disebabkan karena informasi yang ditampilkan dalam slogan iklan “Kendaraan” merupakan informasi yang marak diberitakan oleh media, sehingga masyarakat akan cenderung tahu bahwa apa yang disampaikan adalah kebenaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: praanggapan, slogan iklan kendaraan.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 20 Oct 2014 12:56
Last Modified: 20 Oct 2021 01:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30546

Actions (login required)

View Item View Item