ANALISIS PENGUMUMAN DIVIDEN DALAM PENGUJIAN EFESIENSI PASAR MODAL SECARA INFORMASI DI BEI

Arifian, Feni (2009) ANALISIS PENGUMUMAN DIVIDEN DALAM PENGUJIAN EFESIENSI PASAR MODAL SECARA INFORMASI DI BEI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100050152.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img]
Preview
PDF
B100050152.pdf

Download (44kB)
[img] Microsoft Word
B100050152.doc

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kandungan informasi dalam peristiwa pengumuman dividen dan untuk mengetahui adanya efisiensi pasar secara informasi terhadap pengumuman dividen. Obyek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan membagikan dividen selama tahun 2004 hingga 2007. Sampel diperoleh berdasarkan Purposive Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 25 perusahaan manufaktur yang terus menerus membagikan dividen. Variabel yang digunakan dalam pengujian ini adalah Rata-rata Abnormal Return. Uji yang digunakan adalah uji kandungan informasi pengumuman dividen terhadap Abnormal Return yang dilengkapi dengan uji beda serta uji efisiensi pasar. Hasil kandungan informasi menunjukkan bahwa pengumuman dividen memuat kandungan informasi yang ditunjukkan dengan perubahan arah rerata AR yang dibawa oleh aksi korporasi pengumuman dividen. Kandungan informasi yang dibawa oleh peristiwa pengumuman dividen, ternyata membawa kandungan yang negatif. Hal ini diperjelas dengan adanya perubahan haluan atas perilaku investor sebelum pengumuman dividen dan sesudah pengumuman dividen. Titik balik perubahan arah terjadi pada saat dilakukannya pengumuman dividen yaitu pada saat t0, dimana pada saat ini rerata AR berada pada titik terendah – 0,0145. Uji terhadap kandungan informasi ini juga didukung dengan adanya perbedaan Rata-rata Abnormal Return sebelum dan sesudah pengumuman dividen yang menunjukkan nilai t sebesar 3,361 dan signifikansi sebesar 0,003. Uji efisiensi pasar membuktikan bahwa telah terjadi AARt yang signifikan pada tingkat kepercayaan 5% terjadi pada hari kelima sebelum pengumuman dan pada saat pengumuman dengan masing-masing nilai t hitung sebesar 2,142 sig. 0,043 (hari ke-5), dan t hitung sebesar -4,940 signifikansi 0,000 (hari ke 0) pada level 5% dengan t tabel sebesar -2,064. Oleh karena tingkat signifikansi yang dihasilkan lebih kecil dari 5% atau t hitung yang dihasilkan lebih besar dari t tabel, maka dengan demikian terdapat efisiensi pasar terhadap peristiwa pengumuman dividen meski terdapat kebocoran informasi. Disamping itu terjadi reaksi yang cepat pada saat pengumuman dan dua hari sesudah pengumuman dividen. Respon pasar ini membuktikan bahwa pasar telah efisien sacara informasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pengumuman Dividen, Pengujian secara informasi, Abnormal Return, Kandungan Informasi, Efisiensi Pasar
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 23 Jun 2009 05:23
Last Modified: 16 Nov 2010 18:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item