Endrawati, Susi and , Drs. H.Sudarto. HS,M.M. (2014) Hasil Belajar Akuntansi Perbankan Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Angkatan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (508kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar akuntansi perbankan mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatantahun 2011/2012; 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi perbankan mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatantahun 2011/2012; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh keaktifan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi perbankan mahamahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatantahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di FKIP Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini secara nyata dapat diidentifikasi dengan jelas, karena sifat dan identitas responden terdeteksi oleh manajemen universitas. Sampel diambil sebanyak 119 mahasiswa, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Keaktifan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa di Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linier ganda (uji t) memperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,511 > 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,013 dengan sumbangan efektif sebesar 16,2%; 2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa di Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012. Hasil analisis regresi linier ganda memperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,225 > 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,028 dengan sumbangan efektif sebesar 14,3%; dan 3) Ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar dan kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi perbankan tahun 2011. Hal ini dapat dilihat dari analisis uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 25,466 > 3,074 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,305 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh keaktifan belajar dan kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012 adalah sebesar 30,5% sedangkan 69,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar, Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Oct 2014 10:28 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 12:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30499 |
Actions (login required)
View Item |