Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Ningrum, Roh Fitri and , Dr. Suranto, M.M. and , Muclison Anis, S.T., M.T. (2014) Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah.pdf

Download (472kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mempunyai peranan penting dalam bidang pengelolaan dan penyebaran informasi. Pelayanan yang baik kepada pengunjung perpustakaan akan dapat meningkatkan kepuasan pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pengunjung di Perpustakaan UMS dan layanan perpustakaan yang paling dominan terhadap kepuasan pengunjung. Variabel pada penelitian ini dilihat dari aspek sumber daya manusia, fasilitas, teknologi, manajemen, berdasar ISO 9001 terhadap kepuasan pengunjung. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan pembelajaran untuk menyelesaikan masalah pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tipe penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang berkunjung ke perpustakaan UMS dengan metode penetapan sampel menggunakan teknik nomograf Harry King. Dari jumlah populasi selama 1 minggu sebanyak 1801 orang maka jumlah sampel yang diteliti sebanyak 90 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisioner dan wawancara. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan perangkat lunak SPSS 16.0 Berdasarkan hasil analisa, diperoleh kesimpulan bahwa layanan berdasar sumber daya manusia, fasilitas, teknologi, manajemen dan berdasar ISO 9001 secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan. Semakin tinggi layanan yang diberikan perpustakaan ke pengunjung, maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan pengunjung. Besarnya pengaruh layanan berdasar sumber daya manusia, fasilitas, teknologi, manajemen dan berdasar ISO 9001 terhadap kepuasan pengunjung sebesar 54,3%, sedangkan sisanya sebesar 45,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek layanan, Kepuasan pengunjung, Software SPSS 16.0
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Oct 2014 11:29
Last Modified: 17 Oct 2021 22:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30483

Actions (login required)

View Item View Item