ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK SELEBRITAS SEBAGAI MODEL IKLAN (CELEBRITY ENDORSER) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

MUCHAROMAWATI , NURUL IRNA (2009) ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK SELEBRITAS SEBAGAI MODEL IKLAN (CELEBRITY ENDORSER) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100050127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Microsoft Word
B100050127.doc

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF
B100050127.pdf

Download (667kB)

Abstract

Salah satu alat yang digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli dan masyarakat yang umum adalah periklanan. Jika model iklan yang dipilih adalah dari kalangan selebritis, artis maupun tokoh terkenal harus mampu mewakili karakteristik produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik selebritas sebagai model iklan (attractiveness, trustworthiness, dan expertise), terhadap minat beli konsumen produk Sunsilk dan konsumen produk Pantene. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi UMS, dan jumlah responden yang dijadikan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil uji F terhadap variabel attractiveness, trustworthiness, dan expertise menunjukkan bahwa attractiveness, trustworthiness, dan expertise mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen baik untuk produk Sunsilk maupun produk Pantene, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi di bawah 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil uji t terhadap variabel attractiveness, trustworthiness, dan expertise menunjukkan bahwa variabel attractiveness, trustworthiness, dan expertise secara individu berpengaruh signifikan terhadap minat beli, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi di bawah 0,05. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa expertise berpengaruh paling dominan terhadap minat beli konsumen baik terhadap produk Sunsilk maupun Pantene, hal ini ditunjukkan nilai koefisien Beta paling besar di bandingkan attractiveness dan trustworthiness.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kata kunci : attractiveness, trustworthiness, dan expertise, minat beli.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 23 Jun 2009 04:44
Last Modified: 16 Nov 2010 18:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3046

Actions (login required)

View Item View Item