Setiyawan, Heru and , Ir. Pramuko Ilmu Purboputro, MT. and , Tri Widodo Besar Riyadi. ST. MSc. Ph.D (2014) Pengaruh Komposisi Kompon Ban Pada Koefisien Grip Dengan Lintasan Aspal. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (637kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_1.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh komposisi kompon pada koefisien grip dengan lintasan aspal dalam kondisi basah dan kering serta Mempelajari perbandingkan hasil pengujian koefisien grip antar variasi kompon buatan dengan kompon di pasaran pada lintasan aspal. Ban bekerja dengan memanfaatkan gaya gesek permukaannya dengan permukaan jalan, gaya gesek ini disebut dengan istilah grip. Daya cengkram grip dapat ditingkatkan dengan memperbaiki koefisien gesek antara ban dengan permukaan jalan. Karena permukaan jalan adalah besaran konstan yang tidak bisa diubah, maka untuk menaikkan koefisien gesek dengan memperbaiki kualitas dari komposisi kompon ban. kompon karet adalah campuran karet mentah dengan bahan-bahan kimia yang belum divulkanisasi. Bahan-bahan yang digunakan adalah karet alam RSS, karet sintetis SBR, MBTS, black carbon, sulfur, paraffinic oil,parafin wax, ZnO, SA, resin. Kemudian semua bahan dicampur dengan mesin mixing roll selama 90 menit hingga tercampur dan terbentuklah yang dinamakan kompon. Proses selanjutnya adalah vulkanisas dengan suhu 120 oCdan lama proses 30 menit. Setelah itu kompon buatan dan kompon pabrikan yang telah divulkanisir dilakukan pengujian untuk mengetahui sifat mekanis kuat tarik (tensile strenghth), kekerasan (hardness) serta uji gesekan lintasan kering dan basah untuk mengetahui koefisien grip. Dari hasil pengujian kompon pabrikan didapatkan hasil kuat tarik 18,06 N/mm2, Shore A 71 , koefisien grip 0,597 dan 0,593. Sedangkan kompon pabrikan yang mendekati didapatkan hasil kuat tarik 16,69 N/mm2, Shore A 77 , koefisien grip 0,589 dan 0,575.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompon, Carbon Black, Sulfur, koefisien grip |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Oct 2014 07:47 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 23:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30419 |
Actions (login required)
View Item |