Arundina, Kassytha and , Drs. Sumanto (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 9 Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (797kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (296kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Jigsaw dan STAD terhadap hasil belajar bila diterapkan dalam mata pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII SMP N 9 Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014. Peneiltian ini dilakuan di SMP N 9 Pekalongan pada bulan Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen pendidikan, sampel yang diambil secara purposive cluster sampling dari 85 siswa yang dibagi menjadi 3 kelompok penelitian, yaitu 2 kelompok sebagai kelas eksperimen dan 1 kelompok sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah instrumen hasil belajar. Hasil belajar kelompok perlakuan1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw memperoleh rata-rata nilai hasil belajar 79,06, perlakuan 2 dengan menggunakan model kooperatif STAD memperoleh rata-rata 73,10, kelompok kontrol memperoleh rata-rata 67,50, kemudian setelah melakukan uji lanjut menggunakan paired sample t-test melalui SPSS 15.00 diperoleh nilai thitung model pembelajaran Jigsaw -11,534 dengan ttabel 2,040, thitung model pembelajaran STAD -12,956 dengan ttabel 2,058, karena thitung > ttabel dapat disimpulkan H0 ditolak atau H1 menyatakan Model pembelajaran Jigsaw dan STAD berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014 diterima. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan nilai rata-rata post-test.
Item Type: | Karya ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif, pembelajaran Jigsaw, pembelajaran,STAD, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 12:26 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 00:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30405 |
Actions (login required)
View Item |