PENGARUH CITRA HYPERMARKET TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ASSALAAM HYPERMARKET KARTASURA

Hermanto, Hendra Dwi (2009) PENGARUH CITRA HYPERMARKET TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ASSALAAM HYPERMARKET KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100050114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img]
Preview
PDF
B100050114.pdf

Download (78kB)
[img] Microsoft Word
B100050114.doc

Download (28kB)

Abstract

Citra sebuah hypermarket merupakan hal yang akan selalu dilihat dan dipertimbangkan oleh pelanggan dan atau calon pelanggan sebelum mereka mengunjungi sebuah hypermarket. Citra yang diwakili oleh berbagai atribut citra hypermarket akan menentukan dalam meraih pelanggan dan membuat pelanggan menjadi loyal. Penelitian yang mengambil salah satu hypermarket di Surakarta ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pengaruh dari citra hypermarket terhadap tingkat loyalitas pelanggan. Melalui indikasi dari para pelanggan dan melihat dari beberapa citra yang melekat pada sebuah hypermarket, peneliti dapat menyimpulkan seberapa besar pengaruh variabel-variabel citra hypermarket terhadap loyalitas pelanggan. Metodologi penelitian yang digunakan meliputi analisis regresi, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R ). Keempat alat analisis ini secara berturut-turut berfungsi untuk memprediksi, melihat pengaruh secara individu, melihat pengaruh secara serentak, dan mengetahui seberapa besar proporsi variabel-variabel independen citra hypermarket terhadap variabel dependen loyalitas pelanggan. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel-variabel citra hypermarket berpengaruh signifikan baik secara individu maupun serentak terhadap variabel loyalitas pelanggan, dengan variabel dominan adalah variabel citra kelengkapan produk. Selain itu, hasil analisis R menunjukkan bahwa variabel-variabel citra hypermarket mampu menjelaskan variabel loyalitas pelanggan sebesar 91,9%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel dimensi citra hypermarket berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, sebuah hypermarket harus mampu menciptakan, mempertahankan, dan bahkan meningkatkan kualitas citra mereka agar pelanggan semakin loyal terhadap hypermarket.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: citra hypermarket, loyalitas pelanggan, analsis regresi, uji t, uji F, koefisien determinasi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 23 Jun 2009 01:53
Last Modified: 16 Nov 2010 18:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item