Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Tentang Kemauan Membayar Pajak ( Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta

Jalair, Ardiyanti and , Abdul Kharis, SE, Ak, M.Si, (2014) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Tentang Kemauan Membayar Pajak ( Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (566kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
d.daftar_pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (191kB)

Abstract

Kurang dari 2/3 penerimaan Negara bersumber dari Pajak. Oleh sebab itu kesadaran akan peraturan perpajakan sangat penting, karena pajak berguna sebagai pembiayaan pembangunan Negara. Tujuan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara kesadaran terhadap kemauan membayar pajak, ada pengaruh pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan terhadap kemauan membayar pajak, ada pengaruh antara persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan terhadap kemauan membayar pajak, ada pengaruh antara pelayanan fiskus terhadap kemauan membayar pajak. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta dan masih tergolong wajib pajak efektif sedangkan sampel menggunakan 100 responden di dapat menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling yaitu secara bebas tanpa menentukan status, atau keadaan dari responden sehingga menjadikan peneliti lebih mudah dalam pengambilan sampel. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh variabel kesadaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemauan membayar pajak, variabel pengetahuan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemauan membayar pajak, variabel persepsi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemauan membayar pajak dan variabel pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Sedangkan analisis uji F diperoleh Fhitung (20,344) lebih besar dari Ftabel (2,76) dan nilai signifikansi = 0,000 < = 0,05, sehingga variabel kesadaran, pengetahuan, persepsi dan pelayanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kemauan membayar pajak. Dan koefisiendeterminasidengan adjusted-R2 model 1 sebesar 0,439 Hal iniberartibahwa43,9% variasi variable kinerja unit satuankerjadapatdijelaskanolehvariabel kesadaran, pengetahuan, persepsi dan pelayanan, sedangkansisanyayaitu56,1% dijelaskanolehfaktor-faktor lain diluar model yang diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran, Pengetahuan, Persepsi, Pelayanan dan Kemauan Membayar Pajak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Oct 2014 07:21
Last Modified: 18 Oct 2021 04:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30377

Actions (login required)

View Item View Item