Analisis Dampak Publikasi Opini Audit Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelas (WTP-PP) Dan Opini Audit Wajar Dengan Pengecualian (WDP) Terhadap Abnormal Return Saham (Studi Pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012)

Wibawati, Norma and , Dra. Rina Trisnawati,Ak, M.si Ph.D. (2014) Analisis Dampak Publikasi Opini Audit Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelas (WTP-PP) Dan Opini Audit Wajar Dengan Pengecualian (WDP) Terhadap Abnormal Return Saham (Studi Pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (500kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi peristiwa yang bertujuan menganalisis dampak dari publikasi opini audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas dan opini audit wajar dengan pengecualiaan terhadapabnormal return saham perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan membuktikan apakah ada perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah publikasi opini audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas dan opini audit wajar dengan pengecualian. Sampel untuk penelitian ini adalah 177 perusahaan yang terdiri dari 166 perusahaan dengan opini WTP-PP dan 11 perusahaan dengan opini WDP dari berbagai jenis sektor industri yang melakukan publikasi opiniaudit WTP-PP dan WDPpada tahun 2012. Periode peristiwa selama 10 hari sebelum dan 10 hari sesudah publikasi opini audit WTP-PP dan WDP. Berdasarkan hasil analisis dari pengujian One Sample T-Test, diperoleh kesimpulan untuk hipotesis pertama dan kedua bahwa publikasi opini WTP-PP dan WDP menghasilkan rata-rat aabnormal return tetapi tidak signifikan. Alat statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis ketiga dan keempat adalah Paired Samples T-Test. Hasil dari pengujian hipotesis ketiga dan keempat, bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan abnormal return sebelum dan sesudah publikasi opini audit WTP-PP dan WDP. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa publikasi opini audit WTP-PP dan WDP tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap abnormal return saham perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: abnormal return, publikasi opini audit, wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas, wajar dengan pengecualian
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Oct 2014 10:08
Last Modified: 18 Oct 2021 03:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30351

Actions (login required)

View Item View Item