Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perusahaan Di Indonesia Untuk Berpindah Kantor Akuntan Publik. (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur go public Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2008-2012)

Bawono, Arroyan Aji and , Fauzan SE,Akt. Msi (2014) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perusahaan Di Indonesia Untuk Berpindah Kantor Akuntan Publik. (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur go public Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2008-2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seorang auditor harus selalu menjaga tingkat independensinya. Untuk menjaga agar tetap independen maka perlu dilakukan rotasi auditor. Rotasi auditor dapat terjadi secara mandatory karena adanya peraturan yang mewajibkan dan bisa pula terjadi secara voluntary. Beberapa penelitian terdahulu mengenai pergantian kantor akuntan publik menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pergantian kantor akuntan publik di Indonesia. Faktor-faktor tersebut adalah pergantian manajemen, opini akuntan, financial distress, persentase perubahan ROA, ukuran kap dan ukuran klien. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2008 sampai tahun 2012. Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 75 perusahaan sebagai sampel penelitian. Jenis data yang digunakan adalah laporan keuangan auditan yang dipublikasikan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik (logistic regression). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pergantian manajemen, opini audit dan ukuran klien mempunyai pengaruh terhadap pergantian kantor akuntan publik di Indonesia. Sedangkan variabel-variabel lain yang diteliti dalam penelitian ini seperti financial distress, persentase perubahan roa dan ukuran kap tidak berpengaruh terhadap pergantian kantor akuntan publik di Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Auditor switching, pergantian manajemen, opini audit, financial distress, persentase perubahan ROA, ukuran KAP, ukuran Klien
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Oct 2014 08:23
Last Modified: 18 Oct 2021 03:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30346

Actions (login required)

View Item View Item