Peran Pembelajaran Otentik (Authentic Learning) Melalui Lubang Resapan Biopori Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Mitigasi Bencana Banjir Pada Mata Pelajaran IPS-Geografi Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta

Romadhaningsih, Bekti and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2014) Peran Pembelajaran Otentik (Authentic Learning) Melalui Lubang Resapan Biopori Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Mitigasi Bencana Banjir Pada Mata Pelajaran IPS-Geografi Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (985kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (427kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img]
Preview
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf

Download (305kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat pemahaman siswa mengenai mitigasi bencana banjir sebelum adanya pembelajaran otentik (authentic learning) melalui lubang resapan biopori pada mata pelajaran IPSGeografi (2) perbedaan pemahaman siswa tentang mitigasi bencana banjir sesudah adanya peran pembelajaran otentik (authentic learning) melalui lubang resapan biopori di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Kelas yang digunakan dalam penelitian sebanyak 3 kelas menggunakan purposive sampling. Kelas VII A, VII B dan VII C menerapkan pembelajaran otentik (authentic learning). Data diperoleh melalui angket tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) mitigasi bencana banjir, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji validitas, reliabilitas, persentase dan uji beda menggunakan paired sample t test dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan: adanya peningkatan rata-rata pemahaman siswa pada masing-masing kelas mengenai mitigasi bencana banjir pada test awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase pemahaman siswa pada masing-masing kelas yaitu kelas A, rata-rata pemahaman pada saat test awal (pretest) sebanyak 89.17%, sesudah diberikan pembelajaran pada tes akhir (posttest) rata-rata pemahaman siswa meningkat 94.00%. Pada kelas B, rata-rata pemahaman pada saat test awal (pretest) sebanyak 89.83%, sesudah diberikan pembelajaran pada tes akhir (posttest) rata-rata pemahaman siswa meningkat 92.42%. Pada kelas C, rata-rata pemahaman pada saat test awal (pretest) sebanyak 88,53%, sesudah diberikan pembelajaran pada tes akhir (posttest) rata-rata pemahaman siswa meningkat 92.64%. Hasil analisis statistik uji perbedaan pemahaman siswa tentang mitigasi bencana banjir sesudah adanya pembelajaran otentik (authentic learning) melalui lubang resapan biopori pada masing-masing kelas diantaranya; kelas VII A dan VII C terdapat perbedaan pemahaman mitigasi bencana banjir, sedangkan pada kelas VII B tidak terdapat perbedaan pemahaman mitigasi bencana banjir.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Otentik (Authentic Learning), Mitigasi, Banjir.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 24 Sep 2014 14:28
Last Modified: 15 Oct 2021 14:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30287

Actions (login required)

View Item View Item