Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Penggunaan Media Celemek Pada Anak Kelas B TK Pertiwi II Dawung Kecamatan Sambirejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Bandijo, Bandijo and , Dra. Surtikanti, SH., M.Pd, (2014) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Penggunaan Media Celemek Pada Anak Kelas B TK Pertiwi II Dawung Kecamatan Sambirejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (941kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (636kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (624kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (619kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak melalui media celemek cerita pada anak kelompok B TK Pertiwi II Dawung Kecamatan Sambirejo. Subjek Penelitian adalah anak B TK Pertiwi II Dawung Kecamatan Sambirejo berjumlah 23 anak yang terdiri dari 14 anak laki-lak dan 9 anak perempuan. Untuk mendapatkan data yang valid dan reliabilitas anak TK kelompok B, penilaian dilaksanakan dengan penilaian selama dua siklus dan tiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Selain itu untuk mendukung hasil penelitian menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan kemampuan berbahasa anak dengan menggunakan media celemek cerita. Hal ini terbukti pada kondisi prasiklus sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 45,54 %, siklus I 73,04 %, siklus II sebesar 82,17 %. Peningkatan kemampuan ini meliputi, mengucapkan kata sesuai dengan gambar, mengucapkan beberapa kata berdasarkan gambar cerita, menggabungkan kata berdasarkan gambar, bercerita berdasarkan gambar dan tanpa gambar. Dengan demikian penggunaan media celemek yang diterapkan dapat mendorong anak lebih aktif, kreatif, menarik dan menumbuhkan minat dalam belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa, Media celemek cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 16 Sep 2014 12:10
Last Modified: 20 Oct 2021 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30190

Actions (login required)

View Item View Item