OKTORI , WIDY SAPUTRY RIENDANG (2009) ANALISIS KARAKTERISTIK KONSUMEN DAN HUBUNGANNYA TERHADAP ATRIBUT RUMAH MAKAN BOGA - BUGI DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100050059.pdf Download (839kB) |
|
PDF
B100050059.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul ”Analisis Karakteristik Konsumen dan Hubungannya Terhadap Atribut Rumah Makan Boga-Bugi di Surakarta” ini disusun untuk meneliti suatu permasalahan yaitu apakah ada hubungan yang signifikan antara karakteristik konsumen dengan tanggapannya konsumen terhadap atribut Rumah Makan Boga-Bugi di Surakarta. Dengan permasalahan diatas, akan dibuat suatu batasan masalah agar permasalahan tidak menjadi luas. Batasan masalahnya ada pada penentuan karakteristik konsumen yang terdiri dari usia dan jenis kelamin, serta penentuan atribut Rumah Makan Rasa Mirasa yang terdiri dari menu, lokasi, fasilitas dan pelayanan. Dalam metode penelitian akan diuraikan kerangka pemikiran. lokasi penelitian, Definisi operasional dan pengukurannya, variabel penelitian, hipotesa, Data dan teknik pengumpulan data, populasi dan sampel, Teknik pengambilan keputusan, Uji validitas dan uji reabilitas dan Analisa data. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu karakteristik konsumen yang terdiri dari usia dan jenis pekerjaan, serta variabel dependen yaitu tanggapan konsumen terhadap atribut Rumah Makan Boga-Bugi di Surakarta yang terdiri dari menu, pelayanan, fasilitas dan lokasi. Hipotesa yang diajukan penulisa adalah terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik konsumen dan tanggapannya terhadap atribut rumah makan Boga-Bugi di Surakarta. Untuk data, terdiri dari dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Penulis melakukan pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Untuk kuesioner akan dilakukan uji validitas dan uji realibilitas untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan data yang diperoleh dari kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli di rumah makan Boga-bugi di Surakarta, sedangkan untuk sampel akan diambil dari populasi dengan jumlah 100 orang mengingat keterbatasan waktu dan kemampuan yang dimiliki penulis serta dirasa cukup mewakili seluruh pengunjung Rumah Makan Boga-Bugi di Surakarta. Alan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi Squere (χ2) yang digunakan untuk mengukur hubungan dua variabel an uji keofisien Kontingensi (KK) yang digunakan untuk mengukur keeratan hubungan dua variabel. Pada analisis data akan dilakukan dua macam analisis yaitu analisis diskriptif dan analisis statistik. Pada analisis diskriptif, data yang diperoleh dari kuesioner yang masih berwujud angka akan dibuat prosentasenya. Untuk analisis statistik, setiap karakteristik konsumen akan diukur hubungannya dengan tanggapan konsumen terhadap masing-masing atribut rumah makan Boga-Bugi dengan menggunakan uji Chi Squere (χ2) yang dilanjutkan dengan uji Joefisien Kontingensi (KK) untuk mengukur tingkat keeratan hubungan tersebut. Berdasarkan data yang diperoleh dan diteliti dengan metode penelitian yang sedemikian rupa didapatkan suatu hasil penelitian yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik konsumen dengan tanggapannya terhadap atribut rumah makan Boga-Bugi dengan tingkat keeratan hubungan yang berbeda-beda. Hubungan antara umur dengan menu, pelayanan, fasilitas dan lokasi rumah makan adalah signifikan atau erat. Dan hubungan antara jenis pekerjaan dengan menu, pelayanan, fasilitas dan lokasi rumah makan adalah signifikan atau erat. Tetapi yang memiliki hubungan yang sangat kuat adalah jenis pekerjaan dengan menu yang mempengaruhi konsumen dalam berlangganan di Ruman Makan Boga-Bugi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 22 Jun 2009 08:24 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 18:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3017 |
Actions (login required)
View Item |