Yuliari, Siska and , Drs. Djaelani, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bowling Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi I Blimbing Kecamatan Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (651kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan media bowling pada anak di kelompok A TK Pertiwi 1 Blimbing Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK pertiiwi 1 Blimbing Sambirejo Sragen yang berjumlah 20 anak.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Adapun peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak pada prasiklus dengan nilai rata – rata kelas 1,7yang mencapai nilai ketuntasan minimal KKM 2,5 sebanyak 3 anak atau 15%, pada siklus I nilai rata – rata kelas 2,28 yang mencapai KKM sebanyak 11 anak atau 55% dan Pada siklus II kemampuan anak meningkat hingga nilai rata – rata kelas 3,0 yang mencapai KKM sebanyak 16 anak atau 80%. Dalam kegiatan pembelajaran ini menggunakan media bowling , analisis data yang digunakan dengan teknik perbanding antara hasil data dari catatan lapangan, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan media bowling dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Pertiwi 1 Blimbing Sambirejo Sragen .
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :Bowling,Bermain, Bilangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2014 11:04 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30145 |
Actions (login required)
View Item |