Implementasi Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Serta Disiplin Kerja Guru Dalam Pelaksanaan Pendidikan Profetik Di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014

Sutrisna, Wiria and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2014) Implementasi Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Serta Disiplin Kerja Guru Dalam Pelaksanaan Pendidikan Profetik Di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
wiria_naskah.pdf

Download (544kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (232kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dampak pembelajaran kreatif dan inovatif serta disiplin kerja guru pada pelaksanaan pendidikan profetik, realisasinya dan cara meningkatkan efektifitas pelaksanaan pendidikan profetik di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan metode berupa pengamatan, wawancara dan dokumen. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah informan yang berkompeten dan mempunyai relevansi dengan penelitian. Teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara maka dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran kreatif dan inovatif di SDIT Nur Hidayah dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan ramah anak sehingga proses pembelajaran bisa lebih efektif dan terarah. Sekolah mampu menciptakan nuansa islami dan menerapkan pembelajaran profetik sesuai dengan teladan Rosul Muhammad SAW. Pembelajaran kreatif dan inovatif memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter siswa. Siswa berkarakter islami, pandai membaca al-Qur’an sesuai dengan tajwid-nya, hafal juzz 30, doa dan hadis. Siswa disiplin dalam mengikuti pembelajaran dan mampu beribadah sesuai dengan tuntunan agama Islam yang baik dan benar. Pendidikan profetik adalah proses pembelajaran yang dikorelasikan dengan nilai kenabian dengan usaha menanamkan sifat wajib bagi Rosul ke dalam pembelajaran, sifat wajib tersebut yaitu benar (Shiddiq), dapat dipercaya (Amanah), menyampaikan (Tabliq), cerdas (Fathonah) yang sesuai dengan landasan al-Qur’an dan Sunnah, sebagai tujuan akhirnya adalah manusia taqwa. SDIT Nur Hidayah menggunakan empat jenis kurikulum sekaligus, yaitu Kurikulum Nasional 2004, Kurikulum Madah Diniyah, Kurikulum Pendidikan al-Qur’an, dan Kurikulum Kepanduan/ Life Skill guna meningkatkan efektivitas pelaksanaan pendidikan profetik. Kesimpulan penelitian ini adalah SDIT Nur Hidayah menerapakan pembelajaran fullday school yang menyenangkan dan ramah anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreatif, inovatif, disiplin, efektifitas, pendidikan, profetik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Sep 2014 14:30
Last Modified: 20 Oct 2021 01:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30141

Actions (login required)

View Item View Item