Utami, Ida Wahyu and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Word Square Dan Crossword Puzzle Melalui Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (703kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (792kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1. Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA melalui strategi Word Square dan Crossword Puzzle dengan media visual pada siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. 2. Mendeskripsikan besarnya perbedaan hasil belajar IPA melalui strategi Word Square dan Crossword Puzzle dengan media visual pada siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. Pengambilan sampel dengan purposive sampling yang mengambil sampel dari keseluruhan populasi. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu siswa kelas V A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas V B berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Kelas V A diterapkan strategi Word Square dengan media visual dan kelas V B diterapkan strategi Crossword Puzzle dengan media visual. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumantasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dengan uji F, uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa: 1. Tidak ada perbedaan hasil belajar IPA melalui Word Square dan Crossword Puzzle dengan media visual pada siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar, berdasarkan uji t diperoleh thitung < ttabel, yaitu 1,494 < 2,024. 2. Hasil belajar IPA siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar melalui Word Square dengan media visual lebih baik daripada melalui Crossword Puzzle dengan media visual, berdasarkan rata-rata kelas eksperimen 1 > rata-rata kelas eksperimen 2, yaitu 82,75 > 78,00.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Word Square, Crossword Puzzle, media visual, hasil belajar IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 14:09 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30139 |
Actions (login required)
View Item |