Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sambi Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 Skripsi

Sudarsono, Erlinawati and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sambi Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 Skripsi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui media video pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sambi tahun pelajaran 2013/2014. Jenis peneitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kela s). Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 4 Sambi dengan jumlah siswa 27. Obyeknya adalah kemampuan siswa menulis. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Pada data rata – rata kemampuan menulis narasi yang mencakup lima indikator yaitu isi, organisasi, kosa kata, penggunaan bahasa dan mekanik, pada siklus I pertemuan pertama sebesar 66,43%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77,86%. Maka sudah memenuhi indikator pencapaian sebesar 75%. Pada ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus menunjukkan 17 siswa (62,96%) nilainya masih di bawah KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 70 dengan nilai rata-rata 64,05.Kemudian siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis narasi dengan nilai rata -rata 76,5 dan presentase siswa yang dapat mencapai nilai di atas KKM (70) sebanyak 81,48% atau 22 siswa. Maka pada siklus II ketuntasan hasil belajar sudah mencapai indikator pencapaian yang telah ditetapkan yaitu 75%. Maka kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan kemampuan menulis narasi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan media video pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sambi tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis narasi, media video
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Sep 2014 13:59
Last Modified: 20 Oct 2021 01:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30138

Actions (login required)

View Item View Item