Khasanah, Laeli Uswatun and , Drs. Risminawati M.Pd. (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Role Reversal Questions Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Pada Siswa Kelas IV SDN Tunggulsari 01 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.PDF Download (420kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (199kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari 01 Surakarta melalui penerapan strategi Role Reversal Questions. Subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa SD Negeri Tunggulsari 01 Surakarta tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Peningkatan tersebut terlihat dalam 5 indikator pengamatan yaitu kuatnya kemauan untuk berbuat pada pra siklus 46,66%, siklus I sebesar 63,33%, dan siklus II sebesar 80%. Dapat mempertahankan pendapat pada pra siklus sebesar 40%, siklus I 60%, dan siklus II mencapai 76,66%. Ketekunan dalam mengerjakan tugas pada pra siklus sebesar 53,33%, siklus I 70%, dan siklus II 83,33%. Lebih senang bekerja mandiri pada pra siklus sebesar43,33%, siklus I sebesar 63,33%, dan siklus II sebesar 80%. Senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal pada pra siklus sebesar 46.66%, siklus I sebesar 66,66%, dan siklus II sebesar 83,33%. Selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada pra siklus sebanyak 16 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 53,33%, pada siklus I 22 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 73,33%, dan pada siklus II 26 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 86,66%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Role Reversal Questions dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari 01 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, Role Reversal Questions, motivasi, belajar, PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 13:34 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30135 |
Actions (login required)
View Item |