Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Ta’mirul Islam Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014

Anjani, Dewi and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Ta’mirul Islam Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (831kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Ta’mirul Islam Surakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Ta’mirul Islam Surakarta khususnya kelas VIII. Penelitian yang digunakan termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dengan membandingkan satu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan satu kelompok pembanding yang tidak diberi perlakuan. Hasil yang diperoleh adalah nilai rata-rata belajar siswa menggunakan PBL pada aspek afektif (20,95±0,844) dan kognitif (93,09±2,202) lebih tinggi dari pada tanpa PBL pada aspek afektif (15,09±1,377) dan kognitif (82,91±2,524). Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample t Test. Nilai signifikansi pada aspek afektif 17,03 < 0,05 sehingga H0 ditolak, pada kognitif 14,26 < 0,05 sehingga H0 ditolak pada pembelajaran menggunakan PBL dan tanpa PBL. Untuk hasil angket kemampuan berpikir kritis diperoleh hasil sebanyak 73,88% menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran PBL sering berpikir kritis sedangkan tanpa PBL diperoleh hasil sebanyak 47,62% dengan kriteria siswa kadang-kadang berpikir kritis dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Ta’mirul Islam Surakarta semester genap tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem based learning (pbl), kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Sep 2014 11:37
Last Modified: 19 Oct 2021 00:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30118

Actions (login required)

View Item View Item