Budiyanto, Sulis and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Struktur Aljabar II Melalui Penerapan Problem Solving Terintegrasi Pada Pendekatan Scientific (PTK Mahasiswa Semester VI D Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhmmadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa semester VI program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS dalam mata kuliah struktur aljabar II dengan penerapan problem solving terintegrasi pada pendekatan scientific. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara dosen mata kuliah struktur aljabar II dengan peneliti. Mahasiswa semster VI D sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 56 mahasiswa dan dosen mata kuliah struktur aljabar II sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data(penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas belajar yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) aktivitas mahasiswa bertanya tentang materi yang belum dipahami sebelum tindakan ada 2 mahasiswa (3,6%), setelah tindakan menjadi 27 mahasiswa (48,21%); (2) aktivitas mahasiswa menjawab pertanyaan dari dosen atau mahasiswa lain sebelum tindakan ada 3 mahasiswa (5,3%), setelah tindakan menjadi 28 mahasiswa (50%); (3) aktivitas mahasiswa mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan ada 7 mahasiswa (12,5%), setelah tindakan menjadi 24 mahasiswa (42,86%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan problem solving terintegrasi pada pendekatan scientific dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UMS.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, peningkatan, problem solving, scientific |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 13:08 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 02:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30096 |
Actions (login required)
View Item |