GANANG, ABDUL SHOFI and , Drs. Sumanto (2014) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Melalui Media Animasi Macromedia Flash Dengan Media Grafis Pada Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (860kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi aspek kognitif dan afektif melalui media animasi macromedia flash dengan media grafis pada pokok materi fotosintesis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun ajaran 2013/2014. Kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian tiga kelas. kelas VIII A sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah, kelas VIII C sebagai kelas grafis menggunakan media grafis dan kelas VIII D sebagai kelas animasi menggunakan media animasi macromedia flash. teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal, daya beda soal dan uji hipotesis menggunakan program SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan hasil belajar biologi melalui media animasi macromedia flash dengan media grafis pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun ajaran 2013/2014 pada aspek kognitif dan afektif. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen pada aspek kognitif dan afektif dan uji analisis data uji Kruskall Wallis Test pada aspek kognitif menunjukkan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Pada aspek afektif menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji lanjut Mann Whitney Test terdapat perbedaan hasil belajar biologi melalui media animasi macromedia flash dan grafis, menunjukkan nilai tertinggi yaitu pada aspek kognitif menggunakan media animasi macromedia flash dan media grafis menunjukkan nilai signifikan 0,00 < 0,05 maka ditolak, sedangkan aspek afektif menggunakan media animasi macromedia flash dan media grafis menunjukkan nilai signifikan 0,00 < 0,05 maka ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi aspek kognitif dan afektif melalui media animasi macromedia flash, media grafis dan konvensional, dimana pembelajaran menggunakan media animasi macromedia flash lebih efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan media grafis dan konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Animasi Macromedia Flash, Media Grafis, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 12:37 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 22:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30094 |
Actions (login required)
View Item |