AVIANI, RIZKA ADHANA and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (756kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Mind Mapping terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimendengan rancangan Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014. Kelas yang digunakan dalam penelitian sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak. Kelas pertama VIII C menerapakan model pembelajaran Mind Mapping, kelas kedua VIII F menerapkan model ceramah dan diskusi sebagai kontrolnya.Data diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal, daya beda soal, untuk pengujian hipotesis menggunakan independent sampel t-Test dengan bantuan program SPSS.15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Mind Mapping terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol pada ranah kognitif hasil uji dengan t-Test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan adalah terdapat peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif mind mapping, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 05 Sep 2014 12:39 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 19:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30029 |
Actions (login required)
View Item |