Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

AVIANI, RIZKA ADHANA and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (756kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Mind Mapping terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimendengan rancangan Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014. Kelas yang digunakan dalam penelitian sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak. Kelas pertama VIII C menerapakan model pembelajaran Mind Mapping, kelas kedua VIII F menerapkan model ceramah dan diskusi sebagai kontrolnya.Data diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal, daya beda soal, untuk pengujian hipotesis menggunakan independent sampel t-Test dengan bantuan program SPSS.15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Mind Mapping terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol pada ranah kognitif hasil uji dengan t-Test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan adalah terdapat peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif mind mapping, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 05 Sep 2014 12:39
Last Modified: 18 Oct 2021 19:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30029

Actions (login required)

View Item View Item