WIJAYA, SUCI REZKY and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Implementasi Model Pembelajaran Aktif Tipe Make A Match Dengan Kartu Bergambar Terhadap Pemahaman Dan Aktivitas Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (515kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (455kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran aktif tipe Make A Match dengan kartu bergambar terhadap (1) aspek pemahaman siswa dan (2) aspek aktivitas siswa. Jenis dari metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest-Only Control Group Design. Populasi yang digunakan sebanyak 2 kelas yang telah di pilih menggunakan uji normalitas dan homogenitas serta wawancara dengan guru yang bersangkutan. Kelas pertama merupakan kelas kontrol yaitu kelas VIII D dengan menggunakan metode ceramah sedangkan kelas kedua merupakan kelas eksperimen yaitu kelas VIII B dengan menggunakan model Make A Match dengan kartu bergambar. Data diperoleh melalui test, wawancara, dokumentasi, serta observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal, daya beda soal dan untuk pengujian hipotesis menggunakan one way anova dengan program SPSS 18. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh model pembelajaran aktif tipe Make A Match dengan kartu bergambar terhadap pemahaman dan aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat di lihat dari rata -rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 70,83 sedangakan untuk kelas eksperimen yaitu 84,53. Pada aspek pemahaman dan juga aspek aktivitas juga memiliki peningkatan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen . Kesimpulan yang dapat di ambil dari penelitian yang dilakukan adalah model pembelajaran aktif tipe Make A Match dengan kartu bergambar mempengaruhi tingkat pemahaman dan juga aktivitas siswa kelas VIII SMP N 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran make a match, media gambar, aktivitas,pemahaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 05 Sep 2014 12:27 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 19:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30025 |
Actions (login required)
View Item |