Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Metode Make A Match Pada Siswa Kelas VB SDN Wedarijaksa 02 Tahun Pelajaran 2013/2014

Mulyaningsih, Apriliyani and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Metode Make A Match Pada Siswa Kelas VB SDN Wedarijaksa 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (416kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPA melalui metode make a match. Penelitian yang digunakan ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VB dan guru SDN Wedarijaksa 02 pada tanggal 24 Mei – 4 Juni 2014. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 3 siklus, siklus pertama dilakukan satu pertemuan, siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan dan siklus ketiga sebagai siklus pemantapan dilakukan dalam satu kali pertemuan. Subjeknya siswa kelas VB SDN Wedarijaksa 02 yang berjumlah 26 siswa dan objeknya adalah motivasi belajar siswa serta metode make a match. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, tes, angket, wawancara, dokumentasi. Indikator motivasi belajar IPA adalah sebagai berikut: (1) tanggung jawab pribadi terhadap tugas; (2) umpan balik atau perbuatan (tugas) yang dilakukannya; (3) tugas yang bersifat moderat; (4) tekun dan ulet dalam bekerja; (5) tidak berspekulasi dalam tugas, (6) keberhasilan tugas. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, triangulasi, display data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas VB SDN Wedarijaksa 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode make a match. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada tahap pra siklus diketahui motivasi belajar siswa rendah dengan presentase 25%. Pada siklus I terdapat motivasi belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase motivasi belajar siswa 49%, pada siklus II motivasi belajar siswa tinggi dengan presentase 75% dan siklus III sebagai siklus pemantapan motivasi belajar siswa sangat tinggi dengan presentase 78%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan motivasi belajar bagi siswa dengan penerapan metode make a match.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; motivasi; belajar; metode make a match.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2014 12:29
Last Modified: 15 Oct 2021 03:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29940

Actions (login required)

View Item View Item