Wahyuni, Sri and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si (2014) Pengembangan Kemampuan Emosional Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok A BA Aisyiyah Ngalas II Klaten Selatan Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (322kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan emosional melalui metode bercerita pada anak kelompok A BA Aisyiyah Ngalas II Klaten Selatan Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Kemampuan emosional anak masih rendah berdasarkan pengamatan dalam kegiatan harian anak yang sebagian besar masih perlu banyak bimbingan. Melalui metode bercerita dapat memberikan nasehat dan contoh pengelolaan emosional yang bagi anak sehingga akan sangat bermanfaat bagi perkembangan emosianalnya dikemudian hari. Data tentang kemampuan emosional anak diperoleh dari anak dan data pelaksanaan metode becerita diperoleh dari guru . Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I dan ke II dilakukan dalam dua kali pertemuan. Tehnik analisis komparatif untuk membandingkan kemampuan anak setiap siklusnya yaitu dengan posentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dari siklus ke siklus, ini dapat dilihat dari posentase hasil observasi. Kemampuan emosional anak pada pra siklus 31,5% setelah dilakukan siklus I mencapai 59,8% dan siklus II meningkat sebesar 82,6%. Ini menunjukkan bahwa kemampuan emosional anak mengalami peningkatan melalui metode bercerita.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan emosional, metode bercerita |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2014 12:45 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 01:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29892 |
Actions (login required)
View Item |