Aspek Moral Dalam Tokoh Novel Diary Pramugari Karya Agung Webe: Tinjauan Semiotk Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di SMA

Jumiati, Yuli Efa and , Prof. Dr. Ali Imron Al-ma’ruf, M.Hum and , Drs. Zaenal Arifin M.Hum, (2014) Aspek Moral Dalam Tokoh Novel Diary Pramugari Karya Agung Webe: Tinjauan Semiotk Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (611kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan lataar sosio-historis Agung Webe (3) mendeskripsikan struktur novel Diary Pramugari karya Agung Webe, (3) mendeskripsikan aspek moral tokoh novel, (4) memaparkan implementasinya sebagai bahan ajar di SMA. Jenis dan strategi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan studi terpancang. Objek penelitian ini adalah aspek moral dalam tokoh. Data penelitian ini berupa aspek moral dalam wacana. Sumber data primer pada penelitian ini adalah novel Diary Pramugari karya Agung Webe. Sumber data sekunder penelitian ini adalah artikel di internet tentang riwayat hidup Agung Webe dan buku-buku lain yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Teknik validasi dalam penelitian ini adalah triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan model semiotik yaitu pembacaan heriustik dan hermeneutik. Hasil analisis latar sosio-hitoris Agung Web telah mengasilkan dua novel yaitu novel Diary Pramugari dan novel Diary Sang Kembang Malam. Analisis struktural diperoleh tema novel adalah seks, cinta, dan kehidupan. Tokoh-tokoh dalam novel yaitu Jingga, Igo, Anya, Puri, Andre, dan Alvin. Tokoh utama dalam novel yaitu Jingga. Alur yang digunakan adalah alur maju. Latar waktu terjadi sekitar tahun 2001, latar sosial dalam novel yaitu Jawa Tengah, Jakarta, dan sosial pekerjaan Jingga. Berdasarkan tinjauan semiotik, aspek moral dalam novel Diary Pramugari yaitu (1) moral kejujuran, (2) keberanian, (3) kerendahan hati, (4) kemandirian, (5) tanggung jawab, (6) otentik, dan (7) realistik dan klitik. Aspek dalam tokoh novel Diary Pramugari karya Agung Webe dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek moral, semiotik, novel Diary Pramugari, implementasi sebagai bahan ajar di SMA
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Aug 2014 09:00
Last Modified: 19 Oct 2021 13:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29876

Actions (login required)

View Item View Item