Choiriyah, Asri Iffatul and , Drs. Sami'an, M.M (2014) Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Questions Sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Peserta Didik Dalam Pelajaran Ekonomi Pada Kelas VIII C Di SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (879kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (685kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) |
||
PDF (Bsb III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Learning Start With A Question untuk meningkatkan kemandirian peserta didik dalam pembelajaran ekonomi. Subjek penerima tindakan adalah peserta didik kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Al-Islam 1 Surakarta TahunAjaran 2013/2014 yang berjumlah 35peserta didik dan subyek pelaksana adalah peneliti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan/pada waktu melaksan akan tidakan, lembar pedoman wawancara, lembar penilaian individu setelah mengikuti pembelajaran, dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan kemandirian peserta didik dalam pembelajaran ekonomi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata-rata tingkatkemandirian peserta didik sebesar 39,42%. Pada siklus I tingkat rata-rata kemandirian peserta didikmeningkat menjadi 61,76%. Pada siklus II tingkat ratarata kemandirian peserta didik meningkat menjadi 86,248%. Hal ini berarti peningkatan kemandirian peserta didik mencapai indikator yakni 85%. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Learning Start With A Questionsdapat meningkatkan kemandirian peserta didik dalam pembelajaran ekonomi pada kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini karena model pembelajaran tipe Learning Start With A Questions(memulai pembelajaran dengan pertanyaan) mengandung unsur ketelitian sehingga dapat meningkatkan kemandirian peserta didik secara kognitif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar, Model pembelajaran Learning Start With A Questions, dan Pembelajaran ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Aug 2014 07:52 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29841 |
Actions (login required)
View Item |