Upaya Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Menari Pada Anak Kelompok B Di TK Nahdhlatul Muslimat Sondakan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Prihatin, May Saroh and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Upaya Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Menari Pada Anak Kelompok B Di TK Nahdhlatul Muslimat Sondakan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (895kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan menari. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) yang setiap siklusnya terdiri dari “perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), refleksi (reflecting)".Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru TK Nahdhlatul Muslimat Sondakan laweyan Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan kecerdasan kinestetik melalui metode kegiatan menari. Berdasarkan hasil penelitian tindakan diketahui bahwa terjadi perkembangan kecerdasan kinestetik dengan penerapan metode kegiatan menari. "Padasiklus I perkembangan mencapai 12,96% dan diperoleh rata-rata penilaian anak dalam perkembangan kecerdasan kinestetik sebesar 56,96%" Pada siklus II perkembangan mencapai 18,04% dan diperoleh rata-rata penilaian sebesar 75%". Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil perkembangan kecerdasan kinestetik anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 44%, Siklus I mencapai 56,96%, Siklus II mencapai 75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kegiatan menari dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik anak Kelompok B yang dilakukan di TK Nahdhlatul Muslimat Sondakan Laweyan Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan kinestetik, metode kegiatan menari
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 12:17
Last Modified: 19 Oct 2021 12:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29834

Actions (login required)

View Item View Item