Marhendra, Marhendra and , Drs. Djumali, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Metode Peer Lessons Pada Siswa Kelas VIII B Semester I Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (747kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (190kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
publikasi.pdf Download (386kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan belajar ekonomi pada siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sawit Boyolali melalui strategi Peer Lessons. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sawit Boyolali yang berjumlah 30 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis data, penyusunan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan belajar siswa sebelum tindakan sebesar 21,24%. Sedangkan dari hasil penerapan strategi Peer Lessons pada siklus I meningkat sebesar 40,83%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 75,41%. Sedangkan untuk belajar siswa sebelum tindakan sebesar 63,33%, pada siklus I sebesar 73,33% dan siklus II sebesar 86,66%. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Peer Lessons dapat meningkatkan keaktifan dan belajar ekonomi pada siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer Lessons, Keaktifan Belajar, Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 07:18 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29717 |
Actions (login required)
View Item |