Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin SMP Negeri 2 Grobogan

Susanti, Lya Fitri Dian and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2014) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin SMP Negeri 2 Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (604kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (246kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh jenis kelamin terhadap prestasi belajar siswa, (3) Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan jenis kelamin terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini berjenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel dari penelitian ini, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan 30 siswa dan kelas VIIF sebagai kelas kontrol dengan 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling (Area Sampling). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan, analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5%, diperoleh: (1) ada pengaruh metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar siswa, (2) ada pengaruh jenis kelamin terhadap prestasi belajar siswa, (3) tidak ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan jenis kelamin terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: numbered heads together; jenis kelamin; prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2014 09:29
Last Modified: 14 Oct 2021 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29695

Actions (login required)

View Item View Item