Luhuringtyas, Devi Elvaretasari and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Strategi Cerita Berantai Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (882kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penerapan Strategi Cerita Berantai merupakan strategi pembelajaran yang ideal dalam upaya melatih kemampuan siswa dalam berbahasa serta sejauh mana kemampuan siswa dalam berbicara. Strategi pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah tersebut dengan strategi pembelajaran Cerita Berantai, karena strategi tersebut dapat diterapkan di SD. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui strategi Cerita Berantai bagi kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Penelitian dilakukan di SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen yaitu melalui reduksi data, lalu penyajian data kemudian penarikan kesimpulan ditinjau dari penyajian data yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata sebelum pelakuan adalah 45,9. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Cerita Berantai pada siklus I siswa memperoleh nilai ratarata 58,8, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,5. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Cerita Berantai mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD N Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berbicara, Cerita Berantai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 30 Jun 2014 12:21 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 00:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29653 |
Actions (login required)
View Item |