FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN LOYALITAS DI TOSERBA LUWES GROUP SURAKARTA

HANDOKO , ARIES SAPTO (2009) FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN LOYALITAS DI TOSERBA LUWES GROUP SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040391.PDF

Download (43kB)
[img] PDF
B100040391.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini persaingan di dunia bisnis semakin kompetitif, baik persaingan antar beberapa perusahaan produksi dengan kualitas produknya, maupun perusahaan dagang dengan atributnya masing-masing sehingga secara otomatis manajer perusahaan harus lebih cemat dalam menentukam strategi bersaingnya. Dari perspektif pemasaran pada situasi dimana persahaan harus keluar sebagai pemenang, manajemen perusahaan dituntut untuk dapat mendesain dan mengimplikasikan strategi pemasaran yang mampu menciptakan, mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen, perusahaan menginginkan keberhasilan yang optimal dalam merealisasikan tujuan perusahaan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh harga barang tehadap pengambilan keputusan pembelian dan loyalitas konsumen; 2) untuk mengetahui pengaruh produk terhadap pengambilan keputusan pembelian dan loyalitas konsumen; 3) untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap pengambilan keputusan pembelian dan loyalitas konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 responden (konsumen Luwes Gading). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan alat analisis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling). Hasil analisis struktural pada uji kausalitas dengan alat bantu AMOS for windows diperoleh variabel Harga secara positif mempengaruhi keputusan konsumen Luwes Group tidak dapat ditolak. Hasil SEM mengungkapkan bahwa hubungan kedua konstruk dimaksud adalah positif (C.R= 2,206) dan signifikan (0,027). Produk secara positif berpengaruh terhadap keputusan konsumen juga tidak dapat ditolak (C.R = 2,305); p = 0,021). Lokasi secara positif mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Luwes Group tidak dapat ditolak atau signifikan (CR= 1,998; P = 0,046), serta keputusan pembelian konsumen secara positif berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Luwes Group tidak dapat ditolak atau signifikan (CR = 6,854; p = 0,000). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari harga, produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen. Terdapat pengaruh yang signifikan dari keputusan pembelian konsumen terhadap loyalitas konsumen dalam berbelanja di Luwes Group Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, produk, lokasi, keputusan pembelian, loyalitas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 22 Jun 2009 05:49
Last Modified: 13 Nov 2010 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2963

Actions (login required)

View Item View Item