Wijaya, Danar Antika and , Drs. Sami'an, M.M (2014) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA N 2 Blora Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (987kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (BAb IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (956kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014, 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014, 3) Pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Blora angkatan 2013/2014 yang berjumlah 137 siswa dengan sampel 100 siswa yang diambil dengan teknik propotional random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 32,189+0,579X1+ 0,377X2 yang artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,010 > 1,985 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,003. 2) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,480 > 1,985 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,015. 3) Ada pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 15,529> 3,090 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 56,4% dan sumbangan efektif sebesar 13,7%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 43,6% dan sumbangan efektif sebesar 10,6%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,243, berarti 24,3% prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 75,7% dipengaruhi variabel di luar penelitian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh orang tua, kemandirian belajar, prestasi belajar ekonomi siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jun 2014 08:32 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29608 |
Actions (login required)
View Item |