ANALISIS PENGARUH DIMENSI CITRA SUPERMARKET TERHADAP PERILAKU KONSUMEN

SUMARNO , WAHYU SETYO AJI (2009) ANALISIS PENGARUH DIMENSI CITRA SUPERMARKET TERHADAP PERILAKU KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040339.pdf

Download (48kB)
[img] PDF
B100040339.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tingginya pembangunan supermarket sekarang ini, akan berakibat semakin tinggi pula tingkat persaingannya. Persaingan yang ketat di bisnis retail, khususnya di Indonesia, juga disebabkan oleh semakin banyaknya bisnis retail luar negeri yang memasuki pasar domestik. Salah satu strategi agar suatu organisasi mampu bersaing adalah dengan membangun citra yang baik dimata konsumen maupun publik. Hal ini penting untuk dilakukan karena citra dapat mempengaruhi persepsi konsumen maupun publik sehingga citra dapat mempengaruhi proses pembelian suatu produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti yang empiris mengenai pengaruh dimensi citra supermarket terhadap perilaku konsumen pada Supermarket Carrefour Pabelan. Sampel yang menjadi objek penelitian adalah para konsumen (pelanggan) yang berperilaku belanja pada Supermarket Carrefour Pabelan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji t, uji f, normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian yang telah dilakukan mengenai pengaruh dimensi citra supermarket yaitu dimensi harga, pelayanan, kualitas produk, dan lingkungan fisik terhadap niat membeli ulang dan niat merekomendasikan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh positif signifikan dimensi harga terhadap niat membeli ulang dan niat merekomendasikan. 2). Terdapat pengaruh positif signifikan dimensi pelayanan terhadap niat membeli ulang dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap niat merekomendasikan. 3). Dimensi kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap niat membeli ulang, dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap niat merekomendasikan. 4). Dimensi lingkungan fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap niat membeli ulang dan niat merekomendasikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra supermarket, harga, pelayanan, kualitas produk, lingkungan fisik, niat membeli ulang, niat merekomendasikan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 22 Jun 2009 05:44
Last Modified: 16 Nov 2010 18:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2960

Actions (login required)

View Item View Item