Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Square Dan Think Pair Share Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukodono Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Budiarti, Lina and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Square Dan Think Pair Share Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukodono Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (929kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (310kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (371kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi antara pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Think Pair Square pada siswa kelas VIII SMPN I Sukodono Sragen tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN I Sukodono Sragen. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini dipilih tiga kelas dengan teknik Purposive Sampling, Kelas eksperimenpertama VIIIA menerapkan pembelajaran Think Pair Share, kelas eksperimen ke dua YIIID menggunakan pembelajaran Think Pair Square, dan kelas ketiga meuerapkan pembelajaran konvensional (ceramah). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, indeks kesukaran soal, daya beda soal, dan untuk pengujian hipoteisis menggunakan uji kruskal wallis dan minnn-whitney melalui SPSS15.0 for windows. Hasil nilai rata-rata pos test siswa menggunakan pembelajaran Think Pair Shsre sebesar (74,14) lebih baik dari pada Think Pair Square (69,61) dan pada kelas kontrol sebesar (66,80). Hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung hasil Asymp Sig (0,010) lebih kecil dari Ftabel 0,05 hal ini menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar biologi aspek kognitif melalui pembelajaran cooperative learning model Think Pair Share dengan Think Pair Square pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil uji lanjut Mann Whitney terhadap hasil belajar Biologi menunjukan bahwa rnetode yang paling baik adalah Think Pair Share, kemudian Think Pair Square dan terakhir konvensional. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dipercleh kesimpulan penelitian: (1) Ada perbedaan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII dengan menggunakan Think Pair Share dan Think Pair Square ditinjau dari hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukodono, (2) Pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan pembelajaran Think Pair Square dan konvensional terlihat dari perbedaan hasil belajar siswa kelas YIII SMP N 1 Sukodono Sragen Tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share,Think Pair Square, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 10:55
Last Modified: 18 Oct 2021 12:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29564

Actions (login required)

View Item View Item