Kemampuan Guru Biologi SMA Negeri 1 Gondang Sragen Dalam Penyusunan Penilaian Autentik (Authentic Assesment) Sebagai Evaluasi Pembelajaran

Riani, Hevi Al Azizah and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Kemampuan Guru Biologi SMA Negeri 1 Gondang Sragen Dalam Penyusunan Penilaian Autentik (Authentic Assesment) Sebagai Evaluasi Pembelajaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (638kB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan suatu usaha untuk memperbaiki mutu proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru biologi SMA Negeri 1 Gondang Sragen dalam menyusun penilaian autentik (Authentic Assesment) sebagai evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non hipotesis dengan menggunakan pendekatan survei, teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter dan wawancara. Data yang diperoleh berupa instrumen penilaian yang telah disusun guru Biologi SMA Negeri 1 Gondang Sragen semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian prosentase penyusunan instrumen autentik guru biologi dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SMA Negeri 1 Gondang Sragen adalah guru A untuk penilaian observasi (69,6%), penilaian uraian (45%), penilaian tes penugasan (54,2%), penilaian kinerja (70,8%), penilaian proyek (75%), penilaian portofolio (75%), guru B untuk penilaian uraian (55%) dan penilaian proyek (25%), sedangkan untuk guru C penilaian observasasi (50%), penilaian pilihan ganda (39%), penilaian uraian (37%), serta penilaian proyek (33,3%). Prosentase kemampuan kesesuaian penyusunan instrumen autentik dengan kriteria yang telah distandarkan guru Biologi di SMA Negeri 1 Gondang Sragen pada semester gasal tahun ajaran 2013/2014 yaitu penyusunan yang tidak sesuai kriteria yakni guru A (53,5%), guru B (92,03%) dan guru C (80,75%), sedangkan penyusunan yang sesuai kriteria yakni guru A (46,5%), guru B (7,97%) dan guru C (19,25%). Umumnya penyebab ketidak sesuaian penyusunan instrumen penilaian adalah format rubrik penilaian yang digunakan di SMA Negeri 1 Gondang Sragen belum seragam dalam pelaksanaannya serta tidak semua guru mengetahui butir penilaian yang harus digunakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan guru, penilaian autentik, evaluasi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 08:15
Last Modified: 18 Oct 2021 11:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29546

Actions (login required)

View Item View Item