Rosalina, Shinta and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Kemampuan Guru Mata Pelajaran IPA Dalam Pembuatan Soal Ulangan Di SMP Negeri 5 Purwodadi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (786kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_v.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (217kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_fix.pdf Download (421kB) |
Abstract
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2008 pasal 3 menjelaskan bahwa guru harus mempunyai keterampilan dalam mengevaluasi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru biologi dalam pembuatan soal ulangan di SMP Negeri 5 Purwodadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non hipotesis dengan menggunakan pendekatan survei, teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter. Data yang diperoleh berupa soal ulangan harian buatan guru IPA Biologi di SMP Negeri 5 Purwodadi semester I tahun ajaran 2013/2014. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian prosentase soal ulangan buatan guru berdasarkan taksonomi Bloom di SMP Negeri 5 Purwodadi adalah tingkat kognitif C1 (mengingat) prosentasenya adalah 63%, tingkat kognitif C2 (memahami) dengan prosentase 31,5% dan prosentase pada tingkat kognitif C3 (mengaplikasi) sebanyak 5 soal atau 48%. Prosentase soal ulangan buatan guru berdasarkan kesesuaian soal dengan kaidah penulisan soal yang benar di SMP Negeri 5 Purwodadi yaitu prosentase soal yang tidak sesuai kaidah sebanyak 93,15% dan prosentase soal yang sesuai kaidah sebanyak 6,85%. Umumya penyebab ketidak sesuaian soal ulangan buatan guru dengan kaidah penulisan soal yang benar adalah soal buatan guru SMP Negeri 5 Purwodadi tidak dilengkapi dengan pedoman penilaian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan guru, taksonomi Bloom, kaidah penulisan soal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 07:42 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 11:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29542 |
Actions (login required)
View Item |