Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDIT Mta Matesih Tahun Ajaran 2013/2014

Farida, Hanik and , Drs. Muhroji, S. E., M. Si., M. Pd. (2014) Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDIT Mta Matesih Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (579kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA, (2)Mengetahui besar pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDIT MTA Matesih. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SDIT MTA Matesih tahun ajaran 2013/2014, yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa mendapat perlakuan pembelajaran dengan media interaktif animasi dan siswa kelas IVB yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran tanpa menggunakan media interaktif animasi. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t untuk menguji hipotesis yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar 2,539 dan ttabel sebesar 2,009. Dengan DK = { t | t < - ttabel atau t > ttabel } dan thitung lebih besar daripada ttabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media interaktif animasi berpengaruh terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDIT MTA Matesih tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media interaktif animasi, minat belajar siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 12:18
Last Modified: 16 Oct 2021 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29532

Actions (login required)

View Item View Item