Fauzi, Achmad Riza and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. and , Drs. Nur Chusni, SE.,M.Ag (2014) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 3 Pabelan Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (412kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (114kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru yang berjumlah 50 orang, Sample sebesar 44 guru dan teknik sampling menggunakan sample random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumen, teknik analisis data menggunakan teknik analisis linier berganda, uji t, uji F, dan SE. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru, dapat dilihat dari persamaan regresi linier sebagai berikut Y = 16,192 - 0,043X1 + 0,450X2, dari hasil uji t variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja diketahui thitung < -ttabel, yaitu - 0,227< -2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001, sehingga semakin rendah kepemimpinan kepala sekolah maka semakin rendah pula kinerja guru. dan uji t variabel motivasi terhadap kinerja guru diketahui thitung> ttabel, yaitu 2,345>2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,042, sehingga semakin tinggi motivasi maka semakin tinggi pula kinerja guru. Berdasarkan uji F diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 8,059>3,230 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,282, dimana ini berarti bahwa variabel kepemimpinan dan motivasi kerja memiliki pengaruh 28,2% terhadap kinerja guru. Dari hasil perhitungan dalam penelitian diketahui bahwa variabel kepemimpinan memberikan sumbangan relatif sebesar 51,1% dan sumbangan efektif 14,4%. Variabel motivasi kerja memberikan sumbangan relatif sebesar 48,9% dan sumbangan efektif 13,8%. Berdasarkan perhitungan diketahui sumbangan efektif kedua variabel kepemimpinan dan motivasi kerja sebesar 28,2% dan sisanya sebesar 71,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak di teliti. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan, motivasi, kinerja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 09:12 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29512 |
Actions (login required)
View Item |