JANAH, NOR and , Danang Tunjung Laksono, S. Pd, M. Pd. (2014) Pemanfaatan Aplikasi Internet Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (460kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (860kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (188kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan jaman di era globalisasi yang semakin maju menuntut seorang guru agar mampu memanfaatkan aplikasi yang besumberl dari internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenfaatan aplikasi internet dalam pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan, usaha-usaha yang dilakukan oleh pihak sekolah serta kendala yang didapat dalam pemanfaatan aplikasi internet di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Data penelitian ini dikumpulkan melalui nara sumber, aplikasi dari intrernet, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini terdapat tiga tahap yaitu tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tiga guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta memiliki tipe yang berbeda dalam pemanfaatan aplikasi internet. penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga guru tersebut hanya ada 1 guru yang memaksimalkan pemanfaatan internet dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Usaha-usaha yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan aplikasi internet adalah tersedianya computer diruang TIK, ruang guru dan ruang kepala sekolah serta hotspot yang dapat dipakai oleh siswa sebagai sarana membuka internet. Kendala yang didapat dalam pelaksanaan pemanfaatan aplikasi internet adalah terbatasnya jumlah komputer serta LCD yang belum terdapat diseluruh kelas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi internet, usaha yang dilakukan pihak sekolah, kendala pemanfataan aplikasi internet dalam pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 08:47 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 01:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29510 |
Actions (login required)
View Item |