Analisis Kalimat Perintah Dan Kalimat Tanya Pada Terjemahan Al Qur’an Surat Yusuf

Ardiyah, Umi and , Prof. Dr. Markhamah, M. Hum. and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum. (2014) Analisis Kalimat Perintah Dan Kalimat Tanya Pada Terjemahan Al Qur’an Surat Yusuf. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (703kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (817kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan karakteristik kalimat perintah dan kalimat tanya pada terjemahan Al Qur’an surat Yusuf, (2) menjelaskan makna kalimat perintah dan kalimat tanya pada terjemahan Al Qur’an surat Yusuf. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Subjek yang akan dikaji pada penelitian ini terjemahan Al Qur’an surat Yusuf, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah karakteristik serta makna kalimat perintah dan kalimat tanya pada terjemahan Al Qur’an surat Yusuf. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis berupa kata-kata pada terjemahan Al Qur’an surat Yusuf yang berupa kalimat perintah dan kalimat tanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat. Teknik pegujian keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi teori. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan referensial dan metode agih. Hasil penelitian dalam penelitian ini menegaskan bahwa, karakteristik kalimat perintah pada terjemahan Al Qur’an surat Yusuf meliputi penanda berupa klausa berpredikat verba dasar bebas + -lah, verba dasar bebas + -kan + -lah, ber- + verba dasar bebas + -lah, kata dasar + -kan + -lah, kata dasar + -i + -lah, mari(lah), jangan + -lah, jangan, mohon + -kan + -lah, hendak + -lah. Penanda kalimat tanya pada terjemahan Al Qur’an surat Yusuf yaitu apalagi, apa, apakah, bukan + -kah, bagaimana, apa sebabnya, apakah … atau, manakah…ataukah, tidak + -kah, berapa, dan apakah. Makna kalimat perintah pada terjemahan Al Qur’an surat Yusuf meliputi perintah untuk (1) meminta berupa permintaan Yusuf, saudarasaudara Yusuf, dan raja Mesir berserta istrinya, (2) merayu Yusuf dan Yakub, (3) menakwilkan mimpi Yusuf, (4) bertanya tentang kebenaran pencuri piala raja, (5) berupa larangan (bercerita tentang takwil mimpi Yusuf, membunuh Yusuf, masuk pintu gerbang, bersedih atas kejahatan saudara-saudara Yusuf, berputus asa mencari Yusuf), (6) berbuat kebaikan dan memohon ampunan atas semua dosa kepada Allah Swt. Makna kalimat tanya pada terjemahan Al Qur’an surat Yusuf meliputi bertanya (1) meminta penjelasan tentang hukuman pencuri piala raja, (2) menegaskan untuk bertaqwa, (3) menanyakan proses atau pendapat mengenai kekecewaan Yakub kepada anaknya, (4) meminta jawaban berupa alasan ketidakbolehannya mengajak pergi Yusuf, (5) meminta kepastian mengenai hukuman kepada orang jahat, (6) mengharapkan pengakuan Yusuf, banyak/jumlah tanda kebesaran Allah, perasaan umat manusia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakteristik kalimat perintah, karakteristik kalimat tanya, makna kalimat perintah, makna kalimat tanya, terjemahan Al Qur’an
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 07:39
Last Modified: 19 Oct 2021 11:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29502

Actions (login required)

View Item View Item