Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Metode Index Card Match (Mencari Pasangan Kartu) Di Kelompok A TK Angkasa Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

Kurniasari, Fida and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Metode Index Card Match (Mencari Pasangan Kartu) Di Kelompok A TK Angkasa Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (710kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (764kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca anak melalui metode index card match (mencari pasangan kartu) di Kelompok A TK Angkasa Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Objek penelitian ini kemampuan membaca, subyek penilitian ini anak kelompok A TK Angkasa Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil prosentase sebelum adanya tindakan sebesar 36,31 % dan setelah adanya tindakan pada siklus I meningkat menjadi 63,40% dari yang ditetapkan sebesar 80% sampai akhirnya siklus II mencapai 85,12%. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif interaktif dan komperatif. Berdasarkan data tersebut anak mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, melalui metode index card match (mencari pasangan kartu) dapat mengembangkan kemampuan membaca anak di kelompok A TK Angkasa Colomadu Karaganyar tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, metode index card match (mencari pasangan kartu)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 27 Jun 2014 11:51
Last Modified: 19 Oct 2021 11:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29494

Actions (login required)

View Item View Item