RUSDIANSYAH , FAUZAN (2009) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA (SUATU STUDI PADA HYPERMART SOLO GRAND MALL). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100040331.pdf Download (95kB) |
|
PDF
B100040331.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, promosi, lokasi) terhadap pengambilan keputusan berbelanja di hypermarket Hypermart Solo Grand Mall Surakarta dan menganalisis variabel bauran pemasaran (produk, harga, promosi, lokasi) apakah yang paling dominan dalam pengambilan keputusan berbelanja di hypermarket Hypermart Solo Grand Mall Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan atau staff Hypermart Solo Grand Mall untuk mengambil suatu langkah kebijaksanaan dalam strategi pemasaran agar dapat memenangkan persaingan dalam bisnis retail. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh obyek (konsumen) yang mengunjungi Hypermart Solo Grand Mall. Untuk test marketing studiest jumlah sampel yang dianjurkan adalah 200 sampel (Maholtra, Naresh K, 2004), maka dari itu peneliti akan menyebarkan kuesioner pada 225 responden sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel Produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja di Hypermart Solo Grand Mall, karena nilai thitung = 5,511 > 1,984. Variabel Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja di Hypermart Solo Grand Mall, karena nilai thitung = 6,288 > 1,984. Variabel Lokasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja di Hypermart Solo Grand Mall, karena nilai thitung = 5,964 > 1,984. Variabel Promosi (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja di Hypermart Solo Grand Mall, karena nilai thitung = 5,682 > 1,984. Hasil perhitungan secara serentak diperoleh Fhitung = 198,619 > 2,37; sehingga produk, harga, lokasi dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja di Hypermart Solo Grand Mall. Variabel promosi (X4) merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan berbelanja di Hypermart Solo Grand Mall, karena variabel promosi mempunyai koefisien beta yang lebih besar dibandingkan dengan variabel-variabel yang lain, yaitu sebesar 0,399. Sehingga variabel promosi yang paling dominan berpengaruh terhadap keputuan berbelanja di Hypermart Solo Grand Mall terbukti kebenarannya. Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah 0,783; hal ini berarti bahwa variasi perubahan variabel keputusan berbelanja di Hypermart Solo Grand Mall dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, lokasi, dan promosi sebesar 78,3%, sedangkan sisanya sebesar 21,7% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk, harga, lokasi, promosi, keputusan berbelanja |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 22 Jun 2009 04:03 |
Last Modified: | 09 May 2011 04:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2944 |
Actions (login required)
View Item |